7 Cara Pencegahan Gonore Kencing Nanah

7 Cara Pencegahan Gonore Kencing Nanah – Di zaman yang serba modern ini banyak orang yang sibuk dengan dunianya masing-masing dan kurang memperhatikan kesehatan tubuh. Padahal ini merupakan hal yang penting untuk Anda karena kesehatan merupakan aset jangka panjang.

Terlalu sibuk memikirkan pekerjaan ataupun rumah tangganya membuat Anda lalai untuk memperhatikan kesehatan sehingga tidak jarang terkena penyakit yang menyerang kekebalan tubuh ataupun bagian alat vital. Salah satu penyakit berbahaya bagi orang yang sudah menikah adalah penyakit gonore.  Bagi beberapa orang mungkin penyakit yang satu ini masih tergolong asing, namun perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini begitu membahayakan bagi tubuh. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorhoeae.

Ingin Terhindar dari Penyakit Kelamin Pencegahan Gonore Ini Wajib Anda Terapkan

Bakteri yang berbahaya tersebut, dapat menimbulkan infeksi di beberapa bagian tubuh seperti saluran kandung kemih, rektum, bola mata, dan juga tenggorokan. Nah, alangkah lebih baik jika Anda melakukan pencegahan gonore sejak dini agar tidak sampai terjangkit penyakit ini. Jika Anda masih bingung bagaimana caranya untuk melakukan pencegahan, yuk simak informasi menariknya berikut ini.

  1. Tidak Melakukan Hubungan Seks dengan Bebas

Pencegahan gonore yang satu ini merupakan yang paling jitu. Namun ini merupakan hal yang tidak mungkin terjadi bagi pasangan suami istri. Anda tentu saja boleh melakukan hubungan seks, asalkan melakukan hubungan seks yang sehat dan juga jangan lupa untuk menggunakan pengaman seperti kondom.

Dewasa ini Anda sudah tidak lagi merasa kebingungan jika ingin membeli kondom karena produk ini sudah banyak di jual di apotek ataupun minimarket terdekat. Jadi, Anda tinggal mendatanginya saja tanpa perlu membawa persyaratan apapun untuk membelinya.

  1. Jangan Melakukan Seks Bebas

Berganti-ganti pasangan akan meningkatkan risiko terkena penyakit yang satu ini. tak hanya itu saja, melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu orang dalam kurun waktu yang hampir bersamaan juga dapat mengakibatkan penyakit lainnya seperti HIV Aids.

Baca juga :   Obat Kencing Nanah yang Bisa Dibeli di Apotik

Untuk itu, alangkah lebih baik jika Anda memiliki pasangan seks satu saja yaitu pasangan sah Anda. Pencegahan gonore ini wajib Anda lakukan jika ingin tetap sehat dan terhindar dari penyakit kelamin gonore yang mematikan.

  1. Sebelum Menikah, Tanyakan Apakah Pasangan Punya Penyakit Gonore

Bagi Anda yang sudah berencana untuk menikah, cobalah tanyakan kepada pasangan apakah mempunyai penyakit gonore atau sedang dalam masa penyembuhan atau tidak memiliki penyakit ini sama sekali. Jika memang dia tidak memilikinya, cobalah bujuk untuk melakukan tes pemeriksaan karena sangat memungkinkan seseorang untuk terkena penyakit PMS tanpa disadari.

Biasanya penyakit seks yang menular baru mengeluarkan tanda-tanda dan gejala setelah 6 bulan ke atas sehingga sangat direkomendasikan sekali untuk mengeceknya sejak dini. Ya, seperti yang telah diketahui bersama bahwasanya pencegahan gonore lebih baik daripada mengobati.

Sebaiknya Anda jangan ragu untuk menanyakan kepada calon pasangan mengenai hal ini karena ini sangat penting untuk kehidupan Anda dan pasangan kedepannya. Hal ini juga untuk menghindari penyesalan dikemudian hari.

  1. Jangan Berhubungan Seks dengan Penderita

Penyakit Go ini dapat menular dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui hubungan seks. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda memastikan terlebih dahulu bahwa pasangan tidak memiliki penyakit ini sebelum melakukan hubungan seksual.

Anda juga dilarang melakukan hubungan seksual dengan orang yang sekiranya merasakan beberapa tanda-tanda dari penyakit ini, misalnya nyeri ketika buang air kecil, memiliki keluhan pada area kemaluan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

pencegahan gonore,hindari seks bebas

  1. Gunakan Toilet yang Bersih

Di dalam toilet terdiri banyak bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit ini. Untuk itu, jangan sembarangan ketika akan buang air kecil ataupun buang air besar di toilet umum. Pilihlah toilet yang bersih dan kalau bisa pilihlah toilet jongkok jangan yang duduk. Perlu Anda ketahui bahwa toilet duduk sangat rentan sekali dengan kuman karena dipakai secara bergantian dan belum tentu orang yang memakai sebelumnya menyiram kloset dengan bersih.

Baca juga :   Bisakah Kencing Nanah Sembuh Sendiri ?

Jika memang terpaksa menggunakan toilet yang duduk, maka Anda wajib untuk menyiramnya terlebih dahulu sampai bersih kemudian lap menggunakan tissue pada bagian tempat duduknya. Hal ini dapat sedikit membantu menghilangkan bakteri yang ada pada kloset tempat duduknya.

Setelah menggunakan toilet, jangan lupa pula membersihkannya sampai benar-benar bersih agar yang memakai toilet selanjutnya terhindar dari berbagai penyakit. Anda juga perlu mencuci tangan menggunakan sabun agar bakteri dan kuman yang ada di tangan bisa hilang.

Nah, untuk Anda yang tinggal di rumah, selalu rawat dan jaga kamar mandi karena di tempat ini banyak sekali kuman serta bakteri yang tumbuh. Sering-seringlah menyikat dan membersihkan kamar mandi agar keluarga Anda terjaga kesehatannya.

  1. Jagalah Kebersihan Alat Kelamin

Menjaga kebersihan kelamin merupakan hal yang wajib Anda lakukan karena ada banyak sekali bakteri yang ada di area ini, terlebih lagi jika kondisinya lembab. Kebersihan kelamin harus terus dijaga setiap waktu, jika perlu gunakanlah tissu untuk mengeringkan area ini setelah buang air kecil ataupun buang air besar.

Setelah melakukan hubungan intim pun wajib membersihkan kelamin karena ini dapat beresiko untuk menimbulkan penyakit gonore. Ya, mungkin saja Anda belum mengetahui akan hal tersebut. Nah, setelah mengetahuinya, diharapkan Anda lebih peduli lagi dengan kebersihan daerah intim.

Menjaga kebersihan daerah intim, tidak hanya tugas dari salah seorang pasangan saja, melainkan keduanya pun wajib menjaganya dengan baik karena seperti yang telah diketahui bersama bahwa hubungan intim juga dapat mempengaruhi keharmonisan keluarga Anda.

  1. Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Kesehatan merupakan hal yang paling utama dan harus terus dijaga agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Memeriksakan kesehatan setiap periode juga sangat penting untuk mendeteksi sejak dini terhadap suatu penyakit.

Baca juga :   Ciri-ciri Kencing Nanah

Jikalau Anda terdeteksi penyakit, maka penyembuhannya menjadi lebih mudah karena penyakitnya masih belum terlalu parah. Memiliki dokter kepercayaan juga penting untuk Anda agar dapat berkonsultasi dengan nyaman mengenai berbagai keluhan kesehatan yang Anda rasakan.

Segera periksakan diri Anda sekarang juga untuk pencegahan gonore. Tentu saja Anda tidak mau kan penyakit ini menjangkit tubuh? Oleh sebab itu, jangan sungkan-sungkan untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda.

Penyakit gonore merupakan penyakit yang serius dan tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Jika Anda mulai merasakan gejala-gejalanya mulailah untuk memeriksakan diri dan melakukan pencegahan gonore sebelum semuanya terlambat. Untuk masalah kesehatan, Anda memang tidak boleh main-main karena ini merupakan aset di masa mendatang.

Biasakanlah untuk hidup sehat, mulai dari mengatur pola makan, istirahat yang cukup, rajin berolahraga dan yang paling penting adalah menjaga kebersihan diri agar tidak mudah terserang berbagai bakteri yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit. Yuk segera budayakan hidup sehat mulai dari sekarang juga agar terhindar dari penyakit kelamin menular seperti gonore dan penyakit yang mematikan lainnya. Jangan bosan untuk hidup sehat karena ini penting untuk Anda.