bakteri neisseria gonorrhoeae : apa itu ?

bakteri neisseria gonorrhoeae adalah bakteri yang bertanggung jawab untuk penyakit menular seksual, sangat umum dan sangat menular, gonore. Bakteri ini khusus untuk spesies manusia, di mana ia masih dalam keadaan patogen. 

bakteri neisseria gonorrhoeae

Gonore menyebabkan abses pada saluran genital yang, jika tidak diobati, dapat diikuti dengan komplikasi serius.

  • Pada manusia, itu adalah uretritis akut mengakibatkan debit purulen dari meatus dan nyeri akut pada buang air kecil. Masa inkubasi singkat (4-8 hari) dan tanpa gejala. Jika pengobatan tidak dimulai segera, uretritis anterior menjadi total dan bahkan dapat menyebar ke infeksi saluran genital memberikan epididimis, testis dan prostat.
  • Pada wanita, tidak seperti apa yang terjadi pada manusia, penyakit ini biasanya tanpa gejala awal, untuk menjadi terlihat hanya ketika infeksi telah menyebar. Mungkin ada peradangan uretra, kelenjar Skene dan / atau Bartholini. Seringkali pasien berkonsultasi untuk vagina dan kami kemudian menemukan servisitis, salpingitis. Kadang-kadang peritonitis.

bentuk asimtomatik sekarang juga dilaporkan pada manusia.

lokasi lain

Infeksi gonokokal pada wanita hamil dapat menyebabkan infeksi anak saat melahirkan. Hal ini dapat mengakibatkan bayi baru lahir dengan infeksi umum, namun manifestasi yang paling umum adalah konjungtivitis purulen. The Oftalmia neonatal dicegah dengan sistematis bayi baru lahir berangsur-angsur okular dari 1 sampai larutan perak nitrat persen.

– Dapat ditemukan dalam bentuk dewasa dari anorectal dan faring.

komplikasi

Mereka terjadi tanpa adanya diagnosis dan pengobatan. Komplikasi sendi (arthritis lutut misalnya), septic (endokarditis, meningitis) atau mekanis (striktur uretra pada pria).

 epidemiologi

Gonore adalah sangat rapuh, itu tidak bertahan di lingkungan luar. Ini adalah melalui kontak langsung saat berhubungan seks yang terkontaminasi. Gonore sering terjadi tanpa disadari, terutama pada wanita dan pasien tanpa gejala menyimpan saluran urogenital gonokokal atau di nasofaring dan memainkan peran utama dalam penyebaran manusia dari penyakit.Skrining dan pengobatan cepat pasien sangat penting untuk memutus rantai penularan. Mereka harus selalu dilengkapi dengan skrining dan pengobatan mitra.

diagnosis laboratorium

Ini adalah laboratorium untuk mendeteksi gonore pada pemeriksaan langsung dalam sampel, diselesaikan oleh kultur dan sensitivitas bila memungkinkan.

pungutan

  • pada manusia

Dalam uretritis akut, ditarik nanah uretra beberapa, sebaiknya pada jarak buang air kecil.

Dalam subakut, di mana aliran ini sering minimal dan intermiten, pengambilan sampel harus dilakukan pada pagi hari sebelum buang air kecil pertama.

Dalam kasus gangguan tinggi, adalah mungkin untuk mengambil urétroprostatiques sekresi setelah pijat hati prostat.

Hal ini membutuhkan latihan antara spesimen anorectal gay.

  • pada wanita

Beberapa sampel akan diambil secara sistematis:

  • di tingkat uretra,
  • di bukaan kelenjar Bartholin vulva atau Skene jika penyakit inflamasi,
  • di endoserviks, dengan spekulum,
  • di anus.

Anda harus tahu bahwa ada reaktivasi fisiologis saat menstruasi (4 hari).

  • Dalam kedua jenis kelamin

Gonore jarang diisolasi di tenggorokan, lesi kulit, cairan sendi, darah.

pemeriksaan mikroskopis

Membuat smear tipis nanah pada slide mikroskop.

Lakukan pewarnaan Gram (lihat Pengembangan dan Kesehatan, No. 127, 1997, hal. 8)

Memeriksa slide untuk kehadiran:

  • nanah yang dalam bentuk cluster leukosit berubah, inti merah muda cerah dan sitoplasma diubah,
  • gonokokus yang coccus gram negatif (merah muda) dalam bentuk biji kopi diatur berpasangan bisa
    • intraseluler: dalam sitoplasma leukosit. (1)
    • Ekstraseluler: cluster antara leukosit, dari meledaknya yang terakhir. (2) (lihat diagram ).

Ulasan ini memungkinkan untuk diagnosis uretritis akut pada pria. Pus menyebar menunjukkan setelah pewarnaan diplococci gram-negatif dalam intraleucocytaires mayoritas sangat khas dan merupakan unsur praduga yang sangat kuat. Konfirmasi oleh budaya namun dianjurkan.

Dalam semua bentuk lain dari gonore, hak tertentu 1’urétrite kronis dan infeksi kelamin perempuan, kuman yang langka dan pemeriksaan mikroskopis mengungkapkan sedikit. Budaya gonore adalah maka satu-satunya cara diagnosis bakteriologis.

budaya

Budaya gonore sulit dan membutuhkan inokulasi langsung dari sampel pada media diperkaya dengan darah dimasak atau vitamin dan dibuat selektif dengan penambahan antibiotik.

Kultur diinkubasi pada 37 ° C di atmosfer diperkaya dengan 5 sampai 10% karbon dioksida. Koloni muncul 24 sampai 48 jam, kecil, keabu-abuan, tepi yang tidak teratur. Dari koloni tersebut, diagnosis Neisseria gonorrhoeae sangat berorientasi dengan deteksi kokus Gram-negatif dalam biji kopi, memiliki oksidase. Namun, harus tahu bahwa di antara spesies yang berbeda dari Neisseria, tiga dapat tumbuh pada media selektif Neisseria gonorrhoeae, Neisseria meningitidis (agen meningitis cerebrospinal), Neisseria lactamica (non-patogen).diagnosis definitif dapat dilakukan dengan studi biokimia dari strain terisolasi.

Jika budaya dapat dilakukan di situs, retribusi harus diinokulasi dalam media transportasi (Stuart misalnya) untuk transportasi untuk laboratorium.

bakteri neisseria gonorrhoeae
antibiogram

Tidak dilakukan sekali, hal itu harus dilakukan sekarang ketika dimungkinkan karena adanya strain yang resisten termasuk penisilin dan tetrasiklin. Sekali lagi, media kultur diperkaya diperlukan.

Semua media kultur dan reagen untuk identifikasi dan uji kerentanan dipasarkan oleh laboratorium yang berbeda, disertai dengan lembar fakta.

pengobatan infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae

Ini harus memperhitungkan perlawanan muncul di banyak daerah dan didasarkan pada pengetahuan lokal resistensi, data yang kerentanan potensial, dan kemungkinan adanya penyakit menular seksual lainnya terkait, klamidia atau sifilis, misalnya.

bakteri neisseria gonorrhoeae
bakteri neisseria gonorrhoeae
kesimpulan

Skrining infeksi gonokokal akut pada manusia dapat dilakukan dengan pemeriksaan langsung dari uretra nanah. Hal ini cepat, mudah dicapai di laboratorium dengan hanya mikroskop dan pewarna dan dapat dari layanan besar untuk mengganggu penularan penyakit.

Namun, untuk sampel lainnya, terutama untuk mendeteksi bakteri neisseria gonorrhoeae

Perempuan dan infeksi kronis, kuman sering terlalu sedikit untuk terlihat pada pemeriksaan langsung dan budaya yang diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Dalam hal ini pemeriksaan bisa dilakukan di laboratorium dengan peralatan untuk bakteriologi.

Pencegahan: bakteri neisseria gonorrhoeae adalah bakteri bertanggung jawab untuk penyakit menular seksual. Satu-satunya pencegahan terletak pada penggunaan kondom.

Baca juga :   saluran kencing bernanah

About admin

CV Denature Indonesia adalah sebuah perusahaan herbal yang didirikan dan digagas oleh profesional ahli herbal dengan latar belakang Teknologi Industri, Farmasi, Managemen, Marketing dan Tekhnologi Informasi . Dan juga didukung oleh team yang solid dan berpengalaman dibidangnya. Pada tahun 2003 dengan berbekal pengalaman sebelumnya di salah satu perusahaan herbal nasional, perusahaan ini memfokuskan diri pada produksi dan pemasaran berbagai jenis suplemen dan obat–obatan herbal dimana komponen utama herbal adalah tanaman alami yang kami kembangkan sendiri