Penyakit Kencing Nanah: Gejala, ciri dan cara mengobatinya

Penyakit kencing nanah disebut juga kencing nanah, gonorrhea atau gonorrhea adalah penyakit menular yang paling sering ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi sebelumnya. Kencing nanah juga dapat menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, sehingga ibu juga bisa menularkan infeksi kepada bayinya saat melahirkan. Baik pria maupun wanita bisa terserang penyakit ini. Infeksi organisme ini mudah menyebar dan paling sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan berganti-ganti pasangan seks.

gonore kencing nanah

Apa Penyebab gonore?

Penyakit kencing nanah disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae, bakteri yang dapat tumbuh dan berkembang biak dengan mudah di selaput lendir. Bakteri kencing nanah dapat tumbuh dalam suhu yang hangat, daerah lembab pada saluran reproduksi, termasuk leher rahim (pintu rahim), uterus (rahim), dan tuba falopi (saluran telur) pada wanita, dan di uretra (tabung yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) pada wanita dan laki-laki. Bakteri ini juga bisa tumbuh di mulut, tenggorokan, dan anus.

Kencing nanah adalah penyakit menular yang sangat umum di seluruh dunia, menurut Departemen Kesehatan, ada sebanyak 300.000 kasus baru terjadi setiap tahun. Ada 334.826 kasus yang dilaporkan kencing nanah di Indonesia pada tahun 2012.

Bagaimana cara mengetahui Anda sudah terinfeksi Gonorrhea?

Tidak semua orang yang terinfeksi penyakit kencing nanah memiliki gejala, sehingga kadang kala orang tidak mencari pengobatan yang tepat. Gejala awal biasanya mucul dalam waktu dua sampai 10 hari setelah terinfeksi, tetapi kadangkala juga dapat memakan waktu hingga 30 hari.  Gejala yang paling sering muncul adalah sebagai berikut :

Gejala gonore pada wanita :

  • Keluar cairan kuning kehijauan atau keputihan dari vagina
  • Sakit perut bagian bawah atau nyeri panggul
  • Merasa perih saat buang air kecil
  • Konjungtivitis (merah, mata gatal)
  • Perdarahan diluar waktu menstruasi
  • Ada bercak darah setelah berhubungan seks
  • Pembengkakan vulva (vulvitis)
  • Luka seperti terbakar di tenggorokan (karena oral seks)
  • pembengkakan kelenjar di tenggorokan (karena oral seks)
Baca juga :   Obat Kencing Nanah yang Bisa Dibeli di Apotik

Pada beberapa kasus gonore pada wanita, gejala gejala yang muncul sangat minim sehingga banyak yang tidak menyadarinya.

Banyak wanita yang mengeluarkan cairan putih pada vagina menyimpulkan bahwa ia terkena keputihan dan mengobati sendiri penyakitnya dengan obat anti jamur. Karena keputihan bisa menjadi tanda dari sejumlah penyakit yang berbeda, yang terbaik adalah untuk selalu mencari saran dari dokter untuk memastikan diagnosa yang tepat dan pengobatan.

Gejala gonore pada pria adalah sebagai berikut  :

  • Keluar cairan kuning kehijauan dari penis
  • Sakit saat buang air kecil
  • Sakit di tenggorokan (karena oral seks)
  • testis menyakitkan atau bengkak
  • pembengkakan kelenjar di tenggorokan (karena oral seks)

Pada pria, gejala biasanya muncul dua sampai 14 hari setelah infeksi. Kencing nanah dan klamidia, adalah penyakit yang sering menyerang bersama-sama, gejala dan ciri-cirinya pun hamper sama, tetapi ada perbedaan untuk pengobatannya.

Apakah Gonore Mempengaruhi Kehamilan dan Kelahiran ?

Kencing nanah pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur atau abortus spontan. ibu yang terinfeksi bisa menularkan infeksi kepada bayinya karena bayi melewati jalan lahir selama persalinan. Hal ini dapat menyebabkan kebutaan, infeksi sendi, atau infeksi darah yang mengancam jiwa pada bayi. Pengobatan kencing nanah segera setelah terdeteksi pada wanita hamil akan mengurangi resiko komplikasi ini.

Bagaimana cara mencegah Penyakit Kencing nanah?

Untuk mengurangi risiko infeksi kencing nanah bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :

  • Gunakan kondom dengan benar setiap kali Anda berhubungan seks.
  • Setia terhadap pasangan, jangan berganti-ganti partner seks.
  • Membatasi kontak seksual hanya dengan satu pasangan yang benar-benar steril.

Apakah Penyakit Kencing Nanah bisa sembuh?

Ya, Penyakit kencing nanah dapat diobati dan disembuhkan. Bagaimana Gonorrhea Diobati?

Baca juga :   Cara Mengobati Kencing Nanah Tanpa Obat

Untuk mengobati infeksi kencing nanah, dokter akan memberikan baik antibiotik atau injeksi. Pasangan Anda juga harus diobati pada saat yang sama untuk mencegah infeksi ulang dan penyebaran lebih lanjut dari penyakit tersebut.

Jangan berhubungan seks sampai Anda telah menyelesaikan mengambil semua obat Anda.

Selalu gunakan kondom saat berhubungan seks.

Kencing nanah yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah serius dan dan akut baik pada perempuan atau laki-laki.

Pada wanita, jika tidak diobati, infeksi dapat menyebabkan penyakit radang panggul, yang dapat merusak tuba falopi (saluran yang menghubungkan ovarium ke rahim) atau bahkan menyebabkan kemandulan. Dan infeksi kencing nanah tidak diobati bisa meningkatkan risiko kehamilan ektopik, suatu kondisi di mana sel telur dibuahi berkembang di luar rahim. Ini adalah kondisi yang berbahaya bagi ibu dan bayi.

Pada pria, kencing nanah dapat menyebabkan epididimitis, suatu kondisi dimana testis terasa sangat sakit yang akhirnya dapat menyebabkan kemandulan jika tidak diobati. Tanpa pengobatan yang tepat, kencing nanah juga dapat mempengaruhi prostat dan dapat menyebabkan jaringan parut di dalam uretra, serta buang air kecil menjadi sulit.

Kencing nanah bisa menyebar ke darah atau sendi. Kondisi ini dapat mengancam jiwa. Juga, orang-orang dengan penyakit kencing nanah dapat lebih mudah tertular HIV, virus yang menyebabkan AIDS. Orang dengan infeksi dan kencing nanah HIV lebih mungkin dibandingkan orang dengan infeksi HIV sendiri untuk menularkan HIV kepada orang lain.

About admin

CV Denature Indonesia adalah sebuah perusahaan herbal yang didirikan dan digagas oleh profesional ahli herbal dengan latar belakang Teknologi Industri, Farmasi, Managemen, Marketing dan Tekhnologi Informasi . Dan juga didukung oleh team yang solid dan berpengalaman dibidangnya. Pada tahun 2003 dengan berbekal pengalaman sebelumnya di salah satu perusahaan herbal nasional, perusahaan ini memfokuskan diri pada produksi dan pemasaran berbagai jenis suplemen dan obat–obatan herbal dimana komponen utama herbal adalah tanaman alami yang kami kembangkan sendiri