Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita dan Bagaimana Cara Mengobatinya  – Hidup sehat adalah salah satu pilihan yang pastinya diinginkan oleh semua orang. Memiliki raga dan jiwa yang sehat serta umur yang panjang juga menjadi salah satu alasan Anda bisa hidup bahagia. Namun, bagaimana jadinya bila Anda mulai terserang suatu penyakit yang menjangkiti organ tubuh Anda?

Seperti salah satu penyakit yang satu ini. Infeksi Saluran Kemih merupakan salah satu penyakit kelamin yang kerap kali menyerang manusia terutama wanita. Mengapa wanita lebih mudah untuk terserang Infeksi Saluran Kemih? Hal ini karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek jika dibandingkan dengan laki-laki. Karena alasan itulah yang membuat wanita menjadi lebih mudah terkena ISK.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana organ yang termasuk dalam sistem kemih seperti ureter, ginjal, kandung kemih serta uretra mengalami infeksi. Kondisi Infeksi Saluran Kemih pada wanita ini tentu saja akan memberikan rasa yang tidak nyaman serta rasa sakit yang teramat sangat.

Gejala dari Infeksi Saluran Kemih (ISK) ini sendiri dibagi menjadi dua, yakni Infeksi Saluran Kemih pada bagian atas yang menyerang kandung kemih (sistitis) dan uretra serta Infeksi Saluran Kemih bagian bawah. Gejala umum Infeksi Saluran Kemih pada wanita ini adalah selalu ingin buang air kecil, bau urine tidak sedap serta waran urine yang berubah menjadi keruh.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada bagian atas menyerang ginjal dan juga uretra. Hal ini menyebabkan beberapa gejala seperti rasa nyeri yang timbul pada bagian selangkangan yang disertai dengan demam dan mual.

Tentu saja, beberapa gejala dari penyakit Infeksi Saluran Kemih yang satu ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan menurunkan produktivitas sehari-hari.

Umumnya, penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Eschericia Coli atau yang biasa disebut dengan E.Coli yang mana bakteri ini hidup dalam sistem pencernaan.

Lalu, bagaimana bakteri ini bisa masuk kedalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi? Diperkirakan, bakteri E.Coli ini akan masuk dengan mudahnya saat Anda kurang tepat dalam melekukan pembersihan setelah buang air kecil ataupun buang air besar.

Contohnya yaitu pada saat Anda membersihkan anus setelah buang air besar dengan menggunakan tisu toilet. Jika tisu toilet tersebut menyentuh organ intim Anda, maka hal ini dapat membuat bakteri E.Coli dengan mudahnya masuk ke uretra. Apalagi, jarak uretra dengan anus sangatlah dekat dan jarak uretra ke kandung kemih pun sangatlah dekat.

Oleh sebab itu, memperhatikan dengan baik cara Anda membersihkan anus setelah buang air besar adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan. Hal ini demi menghindarkan Anda terserang penyakit Infeksi Saluran Kemih yang satu ini.

Nah, alangkah baiknya Anda menggunakan air untuk membersihkan diri setelah buang air besar ataupun air kecil. Untuk membersihkan bagiann intim tersebut pun tidak boleh sembarangan. Bersihkan dengan gerakan dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri tersebut masuk ke dalam uretra.

Ternyata, Infeksi Saluran Kemih pada wanita yang satu ini tidak hanya disebabkan oleh bakteri E.Coli saja. Akan tetapi, penyakit tersebut juga disebabkan karena adanya iritasi pada saat berhubungan seksual serta masalah kinerja pengosongan urine yang diakibatkan oleh suatu kondisi tertentu seperti penyakit batu ginjal yang menyebabkan sumbatan pada saluran kemih.

Dari beberapa gejala umum Infeksi Saluran Kemih yang telah disebutkan di atas, mungkin hal ini membuat Anda tidak bisa memprediksi dengan pasti apakah ini penyakit Infeksi Saluran Kemih atau bukan. Untuk memperjelas lagi tentang beberapa gejala dari Infeksi Saluran Kemih, berikut penjelasannya untuk Anda.

Daftar Isi Artikel :

Baca juga :   Obat Kencing Nanah Alami dan gejalanya

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Berikut ini adalah beberapa gejala infeksi saluran kemih, antara lain :

  1. Rasa Ingin Buang Air Kecil Terus Menerus

Seperti yang telah disinggung di atas, salah satu gejala yang sering diderita oleh pasien adalah rasa ingin buang air kecil secara terus menerus. Bahkan, rasa ingin buang air kecil ini dapat terjadi dalam jeda satu menit saja. gejala yang satu ini juga akan lebih parah pada malam hari.

  1. Rasa Sakit Pada Saat Buang Air Kecil

Gejala selanjutnya dari Infeksi Saluran Kemih pada wanita yang satu ini adalah rasa sakit pada saat buang air kecil. Bahkan, rasa sakit yang dialami ini terasa seperti terbakar dan akan hilang pada saat Anda tidak buang air kecil. Akan tetapi, tetap saja, kondisi yang satu ini tidak akan menimbulkan rasa nyaman bagi Anda.

  1. Jumlah Urine Menurun

Meskipun penderita akan sering buang air kecil, namun jumlah dari urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Hal ini tentu saja akan membuat Anda menjadi tidak nyaman.

  1. Rasa Sakit Di Bagian Kemaluan

Rasa sakit pada bagian kemaluan biasanya terjadi pada saat seseorang terserang Infeksi Saluran Kemih bawah. Rasa sakit pada bagian kemaluan yang satu ini dapat mengganggu aktivitas penderita. Hampir sama kondisinya dengan gejala gonore.

  1. Rasa Sakit Di Bagian Punggung, Pinggang Hingga Perut

Selain menimbulkan rasa sakit pada bagian kemaluan, ternyata penyakit Infeksi Saluran Kemih yang satu ini juga dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian pinggang, punggung dan perut.

Biasanya penderita yang mengalami Infeksi Saluran Kemih bawah, akan merasa sakit di bagian perut sedangkan penderita yang mengalami Infeksi Saluran Kemih atas akan mengalami rasa sakit di bagian punggung dan pinggang. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan jika ketiga area tersebut dapat mengalami rasa sakit secara bersamaan.

  1. Urine Menjadi Merah

Rasa sakit pada bagian perut, punggung dan pinggang ternyata juga disebabkan karena urine penderita berubah warna menjadi merah. Hal ini terjadi karena pada urine tersebut sudah tercampur dengan darah karena adanya luka di dalam saluran kemih.

  1. Bau Urine Tidak Sedap

Gejala lainnya yang akan dialami oleh penderita adalah bau urine yang tidak sedap. Ini disebabkan karena senyawa yang terdapat di dalam urine mengandung bakteri serta adanya infeksi pada bagian saluran kemih.

  1. Sulit Tidur

Ternyata, penyakit Infeksi Saluran Kemih yang satu ini juga dapat membuat penderitanya menjadi sulit tidur. Ini dikarenakan pada saat malam hari, penderita akan lebih sering merasa ingin buang air kecil sehingga dapat mengganggu jadwal tidur penderita.

  1. Menggigil dan Demam

Ternyata Infeksi Saluran Kemih pada wanita memiliki banyak sekali gejala. Salah satunya yakni tubuh yang menggigil dan disertai dengan demam. Hal ini sebagai tanda bahwa bakteri telah menginfeksi tubuh Anda.

  1. Rasa Mual dan Muntah

Gejala lainnya yang mungkin saja terjadi adalah rasa mual dan muntah yang disebabkan oleh beberapa gejala di atas. Bahkan rasa mual dan muntah yang satu ini dapat terjadi secara tiba-tiba.

  1. Diare

Gejala selanjutnya yang mungkin saja dialami oleh para penderita Infeksi Saluran Kemih adalah diare. Akan tetapi, tidak semua masalah diare diakibatkan oleh Infeksi Saluran Kemih.

Baca juga :   Kencing Nanah pada Wanita

Dari beberapa gejala Infeksi Saluran Kemih pada wanita di atas, mungkin dapat membantu Anda untuk mengetahui dengan pasti apakah hal tersebut merupakan Infeksi Saluran Kemih atau bukan. Akan tetapi, untuk lebih akurat Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Mengkonsumsi berbagai macam obat antibiotik di apotik  memang baik untuk menghindari kondisi yang lebih parah. Akan tetapi, mengkonsumsi obat-obatan kimia secara terus-menerus malah akan menyebabkan berbagai macam dampak negatif bagi tubuh Anda.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menangani kondisi yang satu ini ialah dengan menggunakan cara alami yang dinilai jauh lebih aman.

Pengobatan ISK

Untuk membantu Anda dalam menangani Infeksi Saluran Kemih pada wanita, berikut adalah beberapa cara alami yang aman dan bisa Anda lakukan dengan mudah.

  1. Jangan Ditahan Saat Ingin Buang Air Kecil

Nah, hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah jangan ditahan saat Anda ingin buang air kecil. Mungkin sebagian dari Anda kerap melakukan hal yang satu ini dan menganggapnya sepele. Padahal, jika kondisi yang satu ini dilakukan secara terus menerus malah akan membahayakan tubuh  Anda.

Menahan ingin buang air kecil akan membuat bakteri yang ada di kandung kemih semakin berkembang. Tidak hanya itu, Anda juga sangat dianjurkan untuk buang air kecil setelah berhubungan seks untuk menghindari bakteri yang masuk ke dalam saluran kencing.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Sudah menjadi rahasia umum jika dengan mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya hal ini dapat membantu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mencukupi kebutuhan air putih harian ialah dapat mengatasi masalah Infeksi Saluran Kemih.

Namun, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter berapa takaran air putih yang tepat untuk Anda konsumsi setiap harinya. Apalagi jika Anda menderita batu ginjal, mengonsumsi air putih pun tidak boleh sembarangan.

Selain harus mencukupi kebutuhan air putih, ternyata Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman yang berwarna dan mengandung kafein seperti soda, kopi dan teh. Tak hanya itu, beberapa jenis minuman seperti alkohol, jus jeruk, jeruk nipis, lemon anggur dan minuman manis juga harus Anda hindari.

  1. Banyak Mengonsumsi Vitamin C

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, padahal di dalam jus jeruk banyak mengandung vitamin C tetapi kenapa Anda harus banyak mengonsumsi vitamin C? Nah, vitamin C itu sendiri tidak hanya bisa Anda dapatkan di jus jeruk saja. Akan tetapi, beberapa jenis sayuran juga banyak yang mengandung vitamin C, seperti tomat misalnya.

Dengan banyak mengonsumsi vitamin C dari sayur-sayuran tersebut hal ini dapat membuat urine Anda menjadi lebih asam dan sangat baik untuk melawan bakteri penyebab Infeksi Saluran Kemih pada wanita.

  1. Memakai Pakaian yang Nyaman

Ternyata, penggunaan pakaian yang nyaman pun sangat berpengaruh pada pertumbuhan  bakteri penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK) itu sendiri. Bagi Anda yang menderita penyakit satu ini, sangat disarankan untuk menggunakan celana yang longgar dengan bahan katun dan bukan celana yang ketat seperti celana jeans ataupun yang lainnya.

Gunakan juga baju yang longgar agar tubuh Anda tidak lembab. Tubuh yang lembab menjadi tempat terbaik berkembangnya bakteri.

  1. Memakai Kompres Panas

Dengan memakai kompres panas ternyata sangat ampuh untuk mengatasi rasa nyeri akibat Infeksi Saluran Kemih ini. Anda bisa mendapatkan bantal kompres panas di toko alat-alat kesehatan. Berdasarkan penuturan dari Dr. Rivers yang dikutip dari Every Health mengatakan bahwa kompres bantal panas ternyata ampuh untuk mengatasi rasa nyeri yang diderita oleh pasien Infeksi Saluran Kemih.

Baca juga :   Penis bernanah begini cara mengobatinya

Untuk menggunakan bantal kompres panas ini, Anda tidak boleh menggunakannya secara langsung menyentuh kulit. Hal ini dapat menyebabkan rasa terbakar. Gunakan kain ataupun handuk sebagai pemisah antara bantal kompres dengan perut Anda.

  1. Jaga Kebersihan Area Kandung Kemih

Ada banyak cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah Infeksi Saluran Kemih pada wanita. Salah satunya yakni dengan menjaga kebersihan area kandung kemih. Jangan menggunakan spray atau sabun pembersih kewanitaan, basuh area genital Anda dari depan ke belakang kemudian keringkan.

Sangat disarankan untuk menggunakan shower ketimbang harus berendam di bath up. Gunakan juga sabun fragrance-free yang lebih aman.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Dengan hanya menerapkan pola hidup yang sehat, ternyata hal ini sangat ampuh untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar dan terserang dari berbagai macam penyakit. Anda tidak hanya mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi saja, akan tetapi dengan olahraga dan tidur yang cukup serta menjaga kebersihan termasuk beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Infeksi Saluran Kemih pada wanita.

Cukup mudah bukan  beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Infeksi Saluran Kemih pada wanita yang satu ini. Nah, dengan melakukan beberapa cara alami seperti di atas hal ini sudah sangat membantu untuk mengurangi bahkan mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Namun, bagaimana jika beberapa pengobatan alami yang Anda lakukan tidak juga berhasil? Nah, untuk masalah yang satu ini Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Sejatinya. Pengobatan alami itu sendiri dilakukan untuk mengatasi tingkat keparahan dari Infeksi Saluran Kemih pada wanita itu sendiri.

Pengobatan Alami infeksi saluran kemih

Anda juga bisa menggunakan pengobatan alami dengan mengkonsumsi obat dari dokter agar bisa mendapatkan kesembuhan yang maksimal. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang sangat mudah untuk ditemukan. Beberapa bahan alami tersebut adalah:

  1. Daun peterseli

Yang pertama yaitu ada daun peterseli. Daun yang satu ini sangat umum untuk digunakan sebagai penghias makanan. Akan tetapi, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk dari daun peterseli ini untuk mengatasi Infeksi Saluran Kemih pada wanita.

Daun peterseli itu sendiri mengandung zat yang dapat membantu untuk memperbaiki fungsi saluran kemih serta mengurangi radikal bebas yang menjadi penyebab peradangan serta kerusakan sel.

  1. Buah Beri, Apel Ataupun Persik

Bahan alami selanjutnya yakni datang dari jenis buah-buahan. Buah beri, apel ataupun persik dianggap ampuh untuk mengatasi penyakit Infeksi Saluran Kemih. Hal ini karena di dalam buah-buahan tersebut terkandung gula sehat yang bernama d-mannose yang mana dapat membantu untuk memperbanyak bakteri baik dalam tubuh sehingga sangat baik untuk melawan bakteri jahat penyebab infeksi.

  1. Asparagus

Mungkin sebagian dari Anda cukup asing dengan aspasragus yang satu ini. Namun, siapa sangka jika bahan alami yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi Infeksi Saluran Kemih. Bahan aktif yang ada di dalam asparagus ternyata sangat baik untuk antibakteri yang menyebabkan infeksi. Tak hanya itu, asparagus ini juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Untuk menangani masalah Infeksi Saluran Kemih pada wanita memang harus menggunakan cara yang tepat agar terhindar dari berbagai kondisi yang lebih parah. Menggunakan bahan-bahan alami serta mematuhi resep dari dokter menjadi salah satu cara untuk mengatasi penyakit Infeksi Saluran Kemih pada wanita yang satu ini.

About Denature Indonesia

CV Denature Indonesia adalah sebuah perusahaan herbal yang didirikan dan digagas oleh profesional ahli herbal dengan latar belakang Teknologi Industri, Farmasi, Managemen, Marketing dan Tekhnologi Informasi . Dan juga didukung oleh team yang solid dan berpengalaman dibidangnya. Pada tahun 2003 dengan berbekal pengalaman sebelumnya di salah satu perusahaan herbal nasional, perusahaan ini memfokuskan diri pada produksi dan pemasaran berbagai jenis suplemen dan obat–obatan herbal dimana komponen utama herbal adalah tanaman alami yang kami kembangkan sendiri. Untuk Order dan Konsultasi Produk Kami silahkan hubungi via sms tel whatsapp 082111111615 atau 085888888213 BBM : D3N4TUR3